5 Contoh Pesan dan Kesan untuk Kakak KKN, Sedih Penuh Makna!

Contoh Pesan dan Kesan untuk Kakak KKN

Ketika KKN (Kuliah Kerja Nyata) harus berakhir, biasanya kita disuruh membuat pesan dan kesan untuk kakak KKN dan masyarakat. Semua orang pasti bisa menulis, namun hanya beberapa yang mampu menyajikan tulisan menyentuh.

KKN adalah kegiatan wajib dalam perkuliahan yang harus diikuti semua mahasiswa. Ini biasanya dilakukan sebelum menjalani skripsi atau tugas akhir kampus.

Selain di desa atau kampung, kegiatan Kuliah Kerja Nyata juga bisa dilakukan di institusi maupun sekolah. Ini tergantung kebijakan masing-masing kampus, yang jelas ada unsur pengabdian ke masyarakat.

Berikut ini Ngelirik.com mau jelaskan beberapa contoh pesan dan kesan untuk kakak KKN. Bagi kalian yang masih bingung dengan kata-katanya, yuk baca sampai habis!

Contoh Pesan dan Kesan untuk Kakak KKN

Tidak ada syarat mutlak dalam membuat pesan dan kesan KKN. Kita bebas menulis apa saja asal berkaitan dengan KKN. Namun, sewajarnya kata-kata yang ditulis harus memiliki makna agar tidak sekedar formalitas belaka.

Berikut contoh kesan KKN yang menyentuh:

Contoh Kesan I

“Kami begitu bersyukur atas kehadiran kelompok KKN ini. Hari demi hari dilalui dengan suka. Pengetahuan dan wawasan yang dibagikan sangat membantu semua masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan dan menjaga kesehatan.

Meskipun tidak semua warga sepenuhnya tahu tentang apa itu KKN. Kami berharap semoga perkuliahan kalian jadi lebih lancar dan cepat lulus. Kalau ada waktu jangan sungkan mampir, kami akan menerima dengan tangan terbuka.”

Contoh Kesan II

“Sejak hari pertama kunjungan kakak di desa ini, kami sangat senang karena banyak program dan kontribusi nyata kami rasakan secara positif. Kebaikan dan pengabdian yang kakak berikan akan selalu kami ingat sampai kapanpun.

Sebelum kakak-kakak hadir di sini, banyak hal yang belum kami ketahui. Tapi sekarang kami merasa sedikit lebih tahu dan terbuka dalam melihat dunia. Sekali lagi kamu ucapkan terima kasih, dan maaf atas segala kekurangan.”

Berikut contoh pesan KKN yang menyentuh hati:

Contoh Pesan I

“Mas dan mbak KKN kamu ucapkan ribuan terima kasih atas bantuan belajarnya. Panjang umur, sehat selalu, dan kuliahnya lancar adalah do'a kami untuk kalian semua. Yang paling penting, semoga mas dan mbak selalu dalam lindungan Tuhan YME.

Jika suatu hari nanti kuliah kakak sudah selesai, semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk orang banyak dan diberikan kesuksesan sesuai bidang yang ditekuni. Terima kasih atas pengabdian selama ini. Jangan pernah lupakan kami ya, kak!”

Contoh Pesan II

"Jangan pernah lupakan perjuangan kita dalam mengabdi masyarakat. Jangan pernah lupa akan semua kenangan indah. Bersenang-senanglah selagi punya waktu, karena kita pasti akan merindukan hari-hari seperti ini.

Malam ini menjadi malam penuh kesedihan, besok kita tak lagi saling sapa. Mungkin hanya sebatas kirim pesan lewat WA. Besar harapan kami kepada warga untuk tetap menjaga budaya dan tali persaudaraan. Jangan pernah lupakan kami, meskipun kehadiran kami cukup singkat.”

Contoh Kesan dari Kakak KKN untuk Masyarakat

“Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Ribuan terima kasih kamu ucapkan kepada semua masyarakat atas sambutan, didikan, dan bimbingan selama menjalani kegiatan KKN. Tak terhingga ilmu yang kami dapatkan selama mengabdi di sini.

Harapan kami semoga ke depannya pengalaman ini membawa manfaat. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua warga yang  telah mendukung serta membantu kelancaran kegiatan selama mengabdi di sini.”

*****

“Meskipun tak ada prestasi yang kami tinggalkan di desa ini, tapi niat kami untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan desa semoga jadi catatan kebaikan. Maafkan bila ada sesuatu yang kurang berkenan dan mengganjal hati kalian.

Walau hari ini kita akan berpisah, tapi kami akan selalu ingat tawa dan canda yang kita lalui selama kegiatan KKN. Perpisahan memang tak mengenakan, namun ini bukan akhir untuk terus menjalin tali persaudaraan.”

Akhir Kata

Perpisahan bukan akhir dari pertemuan, melainkan awal dari persaudaraan. Meskipun tak lagi menjalani kegiatan bersama masyarakat dan teman kelompok, namun kenangan selama lebih kurang 1 bulan akan terus melekat.

Demikian contoh pesan dan kesan untuk kakak KKN dan semua lapisan masyarakat. Kata-kata yang tergantung begitu menyentuh hati dan mengharukan. Semoga ini bisa jadi referensi dan solusi untuk membuat ucapan singkat.