Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil Saat Daftar Prakerja, Ini Solusinya

Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil Saat Daftar Prakerja

Beberapa peserta program Prakerja sering mengalami kendala. Salah satu yang paling sering terjadi adalah alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Kartu Prakerja. Kamu sedang mengalami ini juga? Yuk simak penjelasan berikut.

Apabila data tidak cocok dengan database Dukcapil, calon peserta gagal lanjut ke tahap seleksi Kartu Prakerja. Pencocokan data KTP termasuk proses verifikasi yang wajib dilewati semua setelah membuat akun.

Meskipun ada yang langsung berhasil, tak sedikit pula yang gagal melewati proses verifikasi KTP ini. Kendala biasanya muncul saat memasukkan alamat e-KTP sebagai rangkaian daftar Prakerja lewat website resmi.

Nah, kalau kamu penasaran kenapa alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Prakerja, silahkan baca ulasan di bawah ini. Nanti juga dijelaskan panduan mengatasinya.

Penyebab Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil Saat Daftar Prakerja

Lantas, apa yang menyebabkan alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Prakerja? Umumnya, ini terjadi karena calon peserta salah menulis format alamat. Contoh, di KTP Jl. tapi yang diketik malah Jln atau Jalan.

Kesalahannya memang terlihat sepele, namun website Prakerja berjalan mengikuti sistem. Kalau tidak sesuai, sistem akan gagal membaca data dan muncul pesan “Alamat Sesuai KTP anda tidak sesuai dengan data di Dukcapil”.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara mudah mengatasi masalah tersebut. Kamu tetap bisa lanjut proses pendaftaran dan tidak didiskualifikasi.

Adapun cara mengatasi alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Kartu Prakerja sebagai berikut:

  • Kunjung kembali laman pendaftaran
  • Kali ini ketika alamat dan data lain sesuai yang tertulis di KTP
  • Perhatikan setiap titik dan tanda baca lain
  • Terutama di bagian nama jalan pastikan sudah sesuai
  • Kamu tidak harus menyertakan nama kota/kabupaten, kelurahan, RT/RW, atau kecamatan
  • Selesai

Untuk sekedar dipahami, panduan di atas berasal dari sumber resmi Kartu Prakerja. Baik di website maupun media sosial. Jadi sudah dipastikan benar dan wajib diikuti bila kamu ingin diterima dan lolos tahap berikutnya.