Tidak Bisa Jual Pemain di FC Mobile? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa tidak bisa jual pemain di FC Mobile? Masalah ini sering kali dialami user pemula. Sejatinya, semua pemain yang tersedia di Market bisa diperjual belikan. Kecuali pemain berlabel “Untradeable”.

Seperti yang kita tahu, FC Mobile adalah game sepakbola yang dikembangkan oleh EA Sports dengan lisensi terbaik, sebagai pengganti dari FIFA Mobile.

Sehingga tampilan jersey, logo, dan nama klub tidak mengalami perubahan. Namun, EA masih belum memiliki lisensi beberapa klub, seperti AS Roma hingga Lazio.

Nah, untuk kamu yang mengalami kendala saat ingin bertransaksi, simak ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi tidak bisa jual pemain di FC Mobile berikut ini.

Tidak Bisa Jual Pemain di FIFA Mobile

Penyebab Pemain di FC Mobile Tidak Bisa Dijual

Pemain yang tidak bisa dijual ditandai dengan warna abu-abu pada tombol Jual atau Sell. Sementara pemain yang BISA dijual berwarna biru.

Ketika tombolnya ditekan, akan muncul menu yang menunjukkan harga dan ketersediaan. Untuk kasus “Untradeable”,  pemain tersebut memang tidak bisa dijual ataupun dibeli.

Biasanya, itu khusus untuk pemain hasil dari Exchange atau hadiah dari EA Sports.  

Sebelum masuk ke cara mengatasi tidak bisa jual pemain di FC Mobile, tak lengkap kalau belum bahas penyebabnya. Oleh karena itu, simak sampai tuntas ya!

1. Pemain Masih di Dalam Squad

Tanda ikon jersey di card pemain

Penyebab pertama adalah pemain tersebut masih berada di dalam squad. Ini bisa dilihat pada bagian card-nya, dimana ada ikon jersey. Sebelum pemain tersebut dikeluarkan dari line up, sampai kapanpun tidak akan bisa dijual.

Selain itu, cek juga di bagian cadangan. Intinya, pemain yang ingin dijual harus berstatus Free atau tidak berada dalam susunan Starting Eleven maupun Substitutes.

2. Level Latihan Belum Ditransfer

Level latihan belum ditransfer

Penyebab tidak bisa menjual pemain di FC Mobile selanjutnya karena masalah Level Latihan. Sebagian besar pengguna tentu ingin menaikkan OVR atau rating. Tapi, hal ini bisa jadi boomerang di kemudian hari.

Ketika dilatih atau ditingkatkan OVR, status pemain tersebut jadi Unlocked. Artinya, kamu harus menggunakan Training Transfer Items untuk memindahkan Level Latihan ke pemain lainnya.

3. Pemain dari Exchange atau Hadiah

Contoh pemain Untradeable

Seperti penjelasan awal, pemain Exchange atau hasil pertukaran statusnya Untradeable. Kalian tidak bisa menjualnya meskipun hanya jadi pajangan.

Sebagai contoh Gareth Bale, Adebayo Akinfenwa, hingga Luis Suarez dari event End of Era (saat masih di FIFA Mobile)

Apabila pemain tersebut tak berguna lagi, solusi terbaik adalah dengan menjadikan mereka “tumbal” di menu Exchange.

Kalau beruntung, kalian bisa mendapatkan pemain baru berdasarkan event yang sedang berlangsung.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Jual Pemain di FC Mobile

Tanda paling jelas pemain tidak bisa dijual salah satunya terdapat Level Latihan di card-nya. Atau tersemat ikon jersey yang menandakan pemain tersebut masih berada di dalam squad.

Berikut beberapa cara mengatasi tidak bisa jual pemain di FC Mobile:

1. Keluarkan dari Line Up

Mengeluarkan dari susunan squad termasuk salah satu cara mengatasi pemain tidak bisa dijual di FC Mobile. Kalau belum bisa juga, kemungkinan pemain tersebut berada di line up lain. Coba cek satu per satu.

Jangan lupa cek juga di bagian pemain cadangan. Dengan kata lain, kalau mau jual pemain tanpa kendala, pemain tersebut tidak boleh berada di susunan line up maupun daftar cadangan.

2. Transfer Level Latihan

Kalau status pemain sudah dilatih, yang perlu kalian lakukan adalah memindahkan Level Latihan ke pemain lain. Tapi, pastikan pemain tersebut jadi andalan saat main 1-Lawan-1, Serangan Versus, maupun Mode Manajer.

Untuk memindahkankannya, kalian butuh item “Barang Transfer Latihan” yang bisa didapat dari menu Sumber Daya di Toko atau hadiah Star Pass.

Item ini memang sulit didapat. Oleh karena itu, gunakan kalau benar-benar dibutuhkan saja. Disamping itu, jangan latih pemain dengan OVR kecil.

Tips Jual Pemain di FC Mobile

Salah satu fitur menarik di game FC Mobile adalah Market. Pengguna tak perlu susah payah gacha/open pack untuk mendapatkan pemain terbaik. Cukup buka menu Market dan cari pemain yang diinginkan.

Tentunya fitur ini sangat membantu kita dalam menyusun squad. Mau beli Messi? Ronaldo? Neymar? Tinggal sediakan koin sesuai harga pemain dan klik “Beli” jika ada yang jual.

Untuk meminimalisir kerugian saat transaksi, ada beberapa tips menjual pemain di FC Mobile. Simak, yuk!

  • Jangan tekan tombol “Daur Ulang”, karena nanti hanya dapat 100 koin
  • Jual semua pemain yang tidak dibutuhkan
  • Tahan dulu ketika banyak yang jual, karena harga kemungkinan bisa naik
  • Jangan latih atau naikkan OVR kalau pemain tersebut masih dicoba-coba
  • Latih jika kalian suka dengan gameplay pemain
  • Jual pemain di harga tertinggi
  • Gunakan situs renderz.app untuk mengetahui kapan harga pemain berubah

Setidaknya beberapa poin di atas wajib dipahami untuk pengguna baru. Di awal memang cukup merepotkan, tapi lama-lama kalian juga akan terbiasa. Apalagi kalau dapat pemain mahal, sekali jual langsung kaya mendadak!

Tak bisa dibantah kalau jual pemain di FC Mobile begitu teknikal. Layaknya transaksi di dunia nyata, ada supply (penawaran) dan demand (permintaan) yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kerugian.

Ini juga berlaku bagi kalian yang ingin membeli pemain. Alangkah baiknya beli kalau harga sudah murah atau supply lebih banyak daripada demand.

Akhir Kata

Bermain FC Mobile seringkali menguras tanaga dan pikiran. Apalagi saat ada event besar seperti World Cup yang menghadirkan banyak pemain, namun tak bisa dijual karena jumlah supply menyentuh angka 999+. 

Demikian ulasan lengkap tentang cara mengatasi tidak bisa jual pemain di FC Mobile. Meskipun penyebabnya cukup remeh, namun masih banyak yang bingung dengan masalah ini. Semoga ulasan di atas membantu, ya!