4 Rekomendasi STB TV Digital yang Murah dan Kualitas Bagus 2024

Sejak diberlakukannya kebijakan tv analog ke tv digital, banyak masyarakat yang mencari rekomendasi Set Top Box terbaik. Alat ini sangat penting agar televisi bisa menangkap sinyal digital tanpa harus punya Smart TV.

Bukan hanya itu saja, kebijakan ini juga bertujuan agar kualitas tayangan semakin baik. Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati tontontan yang jernih tanpa ada semut atau pola titik acak statik.

Meskipun tak sedikit yang mengeluh, namun tak ada pilihan lain. Peralihan tv analog ke digital harus diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Berdasarkan rekomendasi Kominfo, berikut daftar Set Top Box (STB) terbaik dengan harga murah. Masing-masing punya kualitas berbeda, jadi silahkan pilih sesuai budget dan kebutuhan.

Rekomendasi STB TV Digital yang Murah

Mengenal STB atau Set Top Box

Sebelum masuk ke topik utama, banyak dari kita yang belum tahu apa itu STB. Singkatnya, ini adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mengubah tv analog ke tv digital dengan cara menangkap sinyal dari satelit.

STB akan mengelola sinyal dari UHF untuk kemudian menghasilkan output berupa gambar dan audio ke tv tabung/analog. Jadi tanpa harus punya Smart TV, kita tetap bisa menyaksikan tayangan digital.

Walaupun Set Top Box belakangan viral di mana-mana, tapi sebenarnya ada opsi lain. Namanya Android TV Box, cara kerjanya tak jauh berbeda. Namun, perangkat ini dibekali fitur lebih lengkap, salah satunya menikmati aplikasi dari Play Store.

Saat menggunakan STB, kita tak butuh alat lain termasuk parabola. Masyarakat hanya perlu antena tv biasa atau biasa disebut UHF. Dengan kata lain, STB adalah satu-satunya alat yang dibutuhkan.

Jika ingin membeli Set Top Box, Anda bisa akses aplikasi Shopee atau Tokopedia. Di sana banyak dijual ragam STB dengan variasi harga mulai Rp100.000 hingga Rp1 juta tergantung merek dan kualitasnya.

Rekomendasi Set Top Box TV Digital

Seperti yang sudah dijelaskan, STB wajib dimiliki semua orang jika ingin tetap menonton televisi. Tak peduli tv tabung ataupun merek jadul, Set Top Box tetap berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa rekomendasi STB tv digital yang murah dan berkualitas:

1. Evercoss STB DVB-T2

Bukan hanya fokus pada produk ponsel, Evercross juga memproduksi banyak perangkat elektronik, termasuk STB. Merek DVB-T2 termasuk laris di e-commerce karena dibekali fitur terbaik guna menonton tayangan digital.

Terlebih lagi, tv yang menggunakan Set Top Box Evercross bisa dihubungkan ke internet dan mengakses aplikasi, seperti Youtube hingga platform streaming film.

2. Advance STP-01A Full HD TV

Selanjutnya ada Advance DVB-T2 yang juga masuk rekomendasi STB tv digital terbaik. Alat ini menawarkan ragam keunggulan, salah satunya tayangan dengan resolusi 1920x1080 pixel dan banyak fitur jempolan lain.

Sama seperti merek Evercross, Anda juga bisa menonton video dari Youtube. Dalam satu paket pembelian sudah termasuk kabel dan remot. Harganya sekitar 250 ribu.

3. Nagoya DVB-T2 Receiver

Ragam fitur terbaik ada di Nagoya Digital DVB-T2. Kalau Anda mencari mencari rekomendasi STB yang murah, merek ini bisa jadi pilihan. Harga di e-commerce sekitar Rp200 ribuan, tapi bisa lebih mahal kalau beli di toko offline.

Cara pasang STB bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi. Tinggal colok kabel yang ada ke televisi. Setelah terhubung, Anda tinggal menikmati fitur dan tayangan dari channel tv nasional.

4. Xtreamer BIEN 3

Rekomendasi STB tv digital berikutnya adalah Xtreamer BIEN 3. Bisa dibilang ini banyak diincar orang karena dibekali fitur lebih lengkap. Apalagi harganya sangat terjangkat, sekitar Rp230.000 sudah termasuk kabel dan perlengkapan lain.

Dukungan tv lokal dan internasional bisa Anda nikmati jika menggunakan STB Xtreamer BIEN 3. Kualitas tayangan juga cukup jernih, resolusinya sudah FHD 1080 pixel.

Cara Membuat STB Sendiri di Rumah

Kalau kalian belum punya cukup uang untuk membeli Set Top Box, ada cara membuat STB yang bisa dicoba. Selain lebih terjangkau, fungsinya tetap sama dalam mengubah sinyal analog ke digital di semua jenis tv, termasuk tv tabung.

Jika tertarik membuat Set Top Box sendiri, Anda bisa siapkan beberapa bahan berikut:

  • Modul STB (wajib)
  • Triplek dipotong 20x21 cm
  • Double tape yang warna hijau tua
  • Kabel RCA (merah, kuning, putih)
  • Kabel Power

Semua bahan di atas dapat ditemukan di toko elektronik. Tapi sebaiknya beli di toko online karena perbedaan harga sangat jauh. Banyak toko di Shopee ataupun Tokopedia yang menjual Modul STB di bawah harga pasaran.

Untuk cara membuatnya, Anda tinggal tempelkan Modul STB ke papan triplek menggunakan double tape. Jika sudah merekat, tinggal pasang semua kabel ke colokan televisi.

Akhir Kata

Ada banyak opsi yang dapat dipilih jika ingin menikmati tayangan digital. Selain membeli STB, Anda bisa merakit sendiri di rumah dengan membeli Modul STB serta kabel pendukung. Tapi tentunya harus punya basic skill kelistrikan.

Jadi, itulah ulasan lengkap tentang rekomendasi STB TV digital terbaik. Selain harga murah, kualitasnya juga cukup bagus. Tak perlu beli yang mahal-mahal karena semua Set Top Box memiliki fungsi serupa.