Lebih Bagus IndiHome atau Biznet? Ini Perbandingan Keduanya

Lebih Bagus Indihome atau Biznet – Berada di zaman modern membuat kita harus bergantung pada internet. Pasalnya, semua aspek kehidupan sudah beralih dari konvensional ke digital. Sehingga masyarakat harus terbiasa agar tidak ketinggalan.

Untungnya, saat ini ada banyak provider yang menawarkan layanan terbaik. Beberapa di antaranya Indihome dan Biznet. Keduanya sangat populer dan jadi andalan, baik di perkantoran maupun pemakaian pribadi.

Nah, untuk kamu yang baru pertama kali pasang WiFi, pasti bingung menentukan lebih bagus Indihome atau Biznet. Karena memang keduanya sama-sama mengklaim punya jaringan internet cepat dan stabil.

Tapi jangan khawatir, di artikel ini admin akan jelaskan perbandingan keduanya lengkap dengan keunggulan dan kekurangan. Jadi pastikan simak sampai tuntas, ya!

Lebih Bagus IndiHome atau Biznet

Lebih Bagus Indihome atau Biznet?

Hadirnya banyak provider internet memang memudahkan masyarakat. Namun pastinya ini juga jadi dilema dalam memilih. Sebab, masing-masing provider menawarkan layanan internet terbaik serta promo menarik.

Untuk menyimpulkan bagus mana Indihome atau Biznet, tentu harus dibedah perbandingan, kekurangan, dan kelebihannya. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Cakupan Area Jaringan

Sebagai provider yang didukung oleh BUMN, Indihome memiliki cakupan area/wilayah lebih luas dari Biznet. Sampai saat ini jaringan internet Indihome sudah tersebar ke banyak area, termasuk pelosok daerah.

Dengan perbedaan ini, bagi yang berada di desa atau kota kecil, Indihome bisa jadi pilihan terbaik untuk mengakses internet.

2. Koneksi Jaringan

Pertimbangan utama ketika memilih provider internet adalah kecepatan internet. Jaringan yang stabil dan ngebut pastinya akan membuat kegiatan jadi lebih mudah. Entah itu bermain game, streaming film, maupun buka sosmed. 

Nah, dari segi koneksi jaringan lebih bagus Indihome atau Biznet? Sebenarnya sama saja sih, karena masing-masing menawarkan ragam kecepatan internet, mulai dari 30Mbps hingga 100Mbps.

Tapi dari beberapa review pengguna, sepertinya Indihome lebih sering mengalami kendala. Hal ini membuat koneksi jadi tidak stabil, terlebih ketika cuaca buruk.

3. Harga Paket Langganan

Selanjutnya perbedaan dari segi biaya langganan, lebih murah Indihome atau Biznet? Untuk mengetahuinya kita harus membandingkan Bandwidth yang sama. Misalnya internet 30Mbps Biznet dan internet 30Mbps milik Indihome. 

Indihome Biznet
Internet 30Mbps Rp315.000Home Internet 30Mbps Rp250.000/bulan
Internet + TV + Netflix 100Mbps Rp965.000/bulanHome Internet + IPTV 100Mbps Rp575.000/bulan
Paket Gamer 100Mbps Rp895.000/bulanHome Gamers 250Mbps Rp700.000/bulan

Dari tabel di atas dapat disimpulkan kalau harga langganan Biznet jauh lebih murah. Apalagi untuk paket Home Gamers 250Mbps yang hanya Rp700.000/bulan. Sementara Indihome Rp895.000 untuk 100Mbps.

Keunggulan dan Kekurangan Indihome

Setelah tahu perbandingannya, sekarang kita akan bahasa keunggulan dan kekurangan agar kesimpulan lebih bagus Indihome atau Biznet bisa lebih valid.

Berikut keunggulan Indihome:

1. Cakupan Area

Cakupan area yang luas jadi nilai tambah untuk Indihome. Sebagai perusahaan telekomunikasi milik BUMN, Indihome terus memperluas jaringan hingga ke pelosok daerah. Dengan begitu, setiap daerah memiliki koneksi yang sama baiknya.

2. Ragam Pilihan Paket

Kelebihan Indihome selanjutnya adalah pilihan paket langganan lebih beragam. Setidaknya ada puluhan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu yang terbaik adalah paket 3 in 1, internet, tv kabel, dan telepon rumah.

3. Koneksi Internet Cepat

Berikutnya, meskipun harga berlangganan yang ditawarkan lebih mahal, namun koneksi internet Indihome terbilang cepat. Pilihan paket 20Mbps bisa dibilang cukup cepat untuk penggunaan internet standar.

Setelah tahu kelebihannya, berikut beberapa kekurangan Indihome:

1. Jaringan Sering Gangguan

Untuk memperjelas bagus Indihome atau Biznet, sekarang kita bahasa dari segi kekurangan Indihome. Pertama, jaringan Indihome sering mengalami gangguan, terutama ketika cuaca buruk atau hujan deras.

Bahkan, hal ini sempat dijadikan lelucon oleh netizen karena seringnya pengguna yang melaporkan gangguan dan tak kunjung terselesaikan.

2. Kebijakan FUP

Selanjutnya, Indihome memiliki kebijakan FUP dimana ada batas kuota untuk pemakaian internet. Meskipun tertulis unlimited, tapi ketika penggunaan internet sudah melewati batas wajar, maka kecepatan akan berkurang.

3. Denda Berhenti Langganan

Kekurangan Indihome selanjutnya adalah denda yang dibebankan ke pelanggan ketika berhenti langganan. Meskipun sudah tak memakai jaringan Indihome, pengguna diwajibkan membayar biaya sesuai peraturan provider.

Keunggulan dan Kekurangan Biznet

Berikut ini keunggulan Biznet yang harus diketahui sebelum menyimpulkan mana yang lebih bagus antara Indihome atau Biznet.

1. Harga Langganan Lebih Terjangkau

Banyak pelanggan yang mengamini kalau biaya langganan Biznet Home jauh lebih murah dibandingkan Indihome. Hal ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin memasang jaringan internet dengan biaya terjangkau.

2. Blokir Konten Negatif

Meskipun sebagian besar provider internet juga telah memblokir konten-konten negatif, namun kelebihan Biznet yang satu ini patut diapresiasi. Mengingat arahan Kominfo untuk tidak mengizinkan akses konten negatif di Indonesia.

Adapun kekurangan Biznet di antaranya:

1. Cakupan Area Terbatas

Kekurangan Biznet yang pertama adalah coverage area yang terbatas. Untuk saat ini jaringan Biznet hanya dapat dinikmati di 16 provinsi saja. Jadi, untuk Anda yang tertarik berlangganan, sebaiknya cek dulu ketersedian di website resmi Biznet.

2. Bergantung Pada DNS

Meskipun memiliki keunggulan, namun ada kekurangan Biznet yang mungkin cukup disesalkan oleh pelanggan, yakni ketergantungan pada alamat DNS. Sehingga kalau ada server yang bermasalah, otomatis koneksi akan terputus.

Penutup

Setelah mengetahui perbandingan di atas, dapat disimpulkan dua provider ini sama-sama menawarkan layanan terbaik, namun juga punya kekurangan. Tapi khusus untuk Indihome, provider ini sering mendapat keluhan perihal jaringan.

Demikian penjelasan yang bisa admin sampaikan, semoga ini bisa jadi referensi kamu dalam memutuskan lebih bagus Indihome atau Biznet. Kalau menurut admin, Indihome lebih baik karena jaringan yang merata ke seluruh wilayah Indonesia.