Pengertian IT Outsourcing dan Keuntungannya untuk Perusahaan

Istilah outsourcing mungkin tak asing bagi sebagian orang. Namun lain hal dengan IT outsourcing yang masih belum terlalu familiar. Lantas, apa pengertiannya? Artikel ini akan mengulas lengkap.

Layanan outsourcing memang jadi pilihan banyak perusahaan. Selain praktis, perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk pelatihan dan hal-hal dasar lainnya.

Di tengah pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang pesat, outsourcing mulai terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya IT outsourcing.

Namun, karena masih banyak perusahaan yang belum familiar, penting untuk mengetahui tips mencari vendor IT outsourcing sebelum bertindak lebih jauh.

IT Outsourcing dan Keuntungannya
Gambar: geekgarden.id

Pengertian IT Outsourcing

IT outsourcing adalah jasa atau layanan dari pihak ketiga yang menyalurkan pekerja ke perusahaan. Sesuai namanya, fokus bidangnya mengarah ke IT seperti software, infrastruktur hingga pemeliharaan server.

Dalam era digital yang terus berkembang, IT menjadi tulang punggung bagi banyak bisnis. Namun, terkadang perusahaan terkendala pada SDM yang kurang kompeten.

Di tengah masalah ini, vendor IT outsourcing hadir sebagai solusi yang memungkinkan perusahaan memperoleh tenaga kerja di bidang ID dari pihak ketiga.

IT outsourcing telah memberikan dampak yang signifikan bagi berbagai sektor industri. Dari peningkatan efisiensi operasional hingga akses ke keahlian teknis yang lebih canggih.

Disamping itu, perusahaan juga memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep yang hanya diketahui oleh proferional IT.

Secara umum, layanan yang ditawarkan IT outsourcing mencakup technical support, IT infrastruktur, software, pengembangan aplikasi, web hosting, hingga database.

Keuntungan Memakai Jasa IT Outsourcing

IT outsourcing memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan bagi perusahaan, mulai dari penghematan biaya hingga peningkatan fokus pada inti bisnis.

Adapun keuntungan memakai jasa atau vendor IT outourcing sebagai berikut:

1. Terbebas Beban Rekrutmen

Mengandalkan jasa IT outsourcing membuat perusahaan terbebas dari beban rekrutmen. Dengan begitu, Anda tak perlu repot memikirkan biaya dan proses rekrutmen.

Vendor IT outsourcing bertanggung jawab mulai dari awal hingga akhir. Perusahaan tinggal “terima bersih” tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidang IT.

2. Hemat Biaya Pelatihan

Keuntungan lain dari IT outsourcing adalah hemat biaya pelatihan. Karena biasanya, pemilik jasa sudah memberi pelatihan khusus kepada karyawan sebelum disalurkan ke perusahaan.

Perusahaan tak perlu khawatir dengan kualitas tenaga kerja, apalagi kalau memilih vendor IT outsourcing terpercaya yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

3. Meminimalisir Risiko Bisnis

Dunia bisnis selalu penuh dengan risiko. Oleh karena itu, perusahaan harus menyewa jasa IT outsourcing untuk meminimalisir masalah yang bisa datang kapan saja.

Vendor IT outsourcing akan mengawasi dan bertanggung jawab terhadap biaya (gaji) hingga perilaku semua pegawai yang masuk ke perusahaan.

4. Fokus ke Pengembangan Bisnis

Terakhir, keuntungan menggunakan IT outsourcing adalah agar perusahaan bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus memikirkan beban rekrutmen dan sebagainya.

Kendati demikian, IT outsourcing tak lepas dari risiko. Perusahaan juga perlu melakukan pengawasan agar tak muncul masalah keamanan hingga penurunan kualitas layanan.

Rekomendasi Vendor IT Outsourcing

Setelah membahas pengertian IT outsourcing dan keuntungannya, sekarang Ngelirik.com mau mengulas rekomendasi vendor yang menyediakan tenaga IT.

GeekGarden bisa jadi pilihan Anda yang sedang mencari vendor IT outsourcing. Dengan layanan yang beragam, GeekGarden adalah mitra terbaik yang dapat diandalkan.

Layanan yang ditawarkan mulai dari System Analysts, UI/UX Designers, Backend, hingga Data Specialist. Semua didukung oleh tenaga ahli yang sudah dilatih dan berpengalaman di bidang IT.

Akhir Kata

Dengan memahami konsep-konsep ini secara mendalam, perusahaan dapat mengoptimalkan IT outsourcing agar mampu terus bersaing dalam era digital yang terus berubah.

Jadi, itulah artikel tentang pengertian IT outsourcing dan keuntungannya untuk perusahaan. Semoga ini bisa jadi referensi bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa outsourcing di bidang IT.