Apa Arti SR400 Dalam Bahasa Gaul? Ternyata Ini Maknanya

arti sr400

Belakangan banyak netizen yang penasaran arti SR400 dalam bahasa gaul. Pasalnya konten dengan tulisan SR400 cukup viral di media sosial, khususnya TikTok. Untuk kamu yang ingin tahu makna sebenarnya, simak yuk!

Seperti yang kita tahu, TikTok bukan hanya sekedar sosial media untuk berbagi konten. Sekarang fungsinya mulai melebar jadi kamus bahasa gaul. Banyak istilah baru yang tidak pernah terdengar bahkan dalam KBBI.

Seperti contohnya YTTA, sebuah singkatan unik yang sering digunakan pengguna TikTok untuk menanggapi sesuatu. Lantas, apa arti SR400 dalam bahasa gaul? Berikut penjelasannya.
 

Arti SR400 Dalam Bahasa Gaul

Sebenarnya SR400 bukan bahasa gaul, melainkan nama merk motor keluaran Yamaha yang populer di tahun 1978. Salah satu alasan kenapa istilah ini viral kembali karena Podcast Abidzar Alghafari membicarakan tentang hal ini.

Selain itu ada juga video TikTok cewek Thailand yang menunggangi Yamaha SR400. Terlihat cantik dan keren karena motor ini “lahir kembali” dengan Limited Edition untuk merayakan 44 tahun sejak perilisannya.

Sayangnya, untuk saat ini Yamaha SR400 hanya dijual terbatas di Thailand. Untuk pasar Indonesia sepertinya belum terlihat meskipun ada beberapa orang yang memakainya.

Jadi sudah jelas, ya? SR400 artinya bukan dari bahasa gaul, melainkan merk motor Yamaha yang populer di tahun 1978 dan diproduksi lagi secara terbatas.

Penjelasan Singkat Yamaha SR400

Sejarah motor SR400 berawal dari tahun 1978 dimana Yamaha memproduksi motor varian SR dari mesin XT500. Menariknya, ada dua varian yakni SR400 dan SR500. Namun karena masalah regulasi, penjualan motor ini sempat dilarang.

Sehingga, Yamaha memutuskan untuk mengurangi kapasitas mesin agar dapat izin memasarkan motor SR400 dan SR500 di Jepang.

Bukan hanya populer di Jepang, SR400 juga jadi primadona di belahan dunia lain. Namun kebanyakan pecinta otomotif memodifikasi tampilan jadi Cafe Racer, Scramble, maupun basic custom lainnya.

Nah, kalau kamu tertarik memiliki motor keren nan klasik ini, harga Yamaha SR400 adalah 309 Baht atau kalau dirupiahkan sekitar Rp126 juta. Tapi tentunya belum termasuk biaya lain karena harus dibawa dari Thailand.

Jadi itulah penjelasan tentang arti SR400 yang belakangan viral karena dianggap sebagai bahasa gaul. Padahal ini adalah merk motor keluaran Yamaha yang kembali dirilis sejak pertama muncul tahun 1978. Semoga bermanfaat!